relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10447/ title: UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) KELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 creator: NUR IDA LISA ARYANI, NIM. 08480026 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: NUR IDA LISA ARYANI. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Kelas IV A MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Di MIN Yogyakarta II, model pembelajaran yang digunakan guru IPS masih konvensional. Pembelajaran selama ini berpusat pada guru dan komunikasi berjalan satu arah. Metode ceramah tidak memberi ruang bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuannya. Siswa pasif dan pembelajaran menjadi membosankan. Sehingga hasil belajar IPS siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara terhadap siswa dan guru, tes tertulis, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari tes awal sebesar 61,87, menjadi 76,95 pada siklus I, dan 89,71 pada siklus II. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra penelitian presentase ketuntasan sebesar 29,16%, siklus I sebesar 65,21% dan siklus II sebesar 91,66%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II. date: 2012-06-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10447/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10447/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: NUR IDA LISA ARYANI, NIM. 08480026 (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) KELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.