<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012"^^ . "NUR IDA LISA ARYANI. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui\r\nPembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)\r\nKelas IV A MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta:\r\nProgram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.\r\nPemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi\r\nrendahnya hasil belajar siswa. Di MIN Yogyakarta II, model pembelajaran yang\r\ndigunakan guru IPS masih konvensional. Pembelajaran selama ini berpusat pada\r\nguru dan komunikasi berjalan satu arah. Metode ceramah tidak memberi ruang\r\nbagi siswa untuk mengembangkan pengetahuannya. Siswa pasif dan pembelajaran\r\nmenjadi membosankan. Sehingga hasil belajar IPS siswa kelas IV A MIN\r\nYogyakarta II tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian pada\r\npembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan\r\nsiswa secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya\r\ndengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams\r\nAchievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar\r\nIPS siswa kelas IV A MIN Yogyakarta II.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang\r\ndilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A\r\nMIN Yogyakarta II yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan\r\ndalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa,\r\nwawancara terhadap siswa dan guru, tes tertulis, catatan lapangan, dan\r\ndokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar siswa\r\nmengalami peningkatan. Dari tes awal sebesar 61,87, menjadi 76,95 pada siklus I,\r\ndan 89,71 pada siklus II. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra\r\npenelitian presentase ketuntasan sebesar 29,16%, siklus I sebesar 65,21% dan\r\nsiklus II sebesar 91,66%.\r\nDari penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa model pembelajaran\r\nkooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV A\r\nMIN Yogyakarta II."^^ . "2012-06-22" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480026"^^ . "NUR IDA LISA ARYANI"^^ . "NIM. 08480026 NUR IDA LISA ARYANI"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)\r\nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10447 \n\nUPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS \nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) \nKELAS IV A MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .