eprintid: 10456 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/04/56 datestamp: 2014-03-14 07:13:47 lastmod: 2014-03-14 07:13:47 status_changed: 2014-03-14 07:13:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURLAILA, NIM. 07410033 title: PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Active Knowledge Sharing, Al Qur’an Hadits abstract: NURLAILA. Penerapan metode Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa Kelas VII A MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah krisisnya minat dan partisipasi siswa terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan adanya minat dan partisipasi, konsentrasi belajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Minat dan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII A MTs Wahid Hasyim Yogyakarta masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya pembelajaran yang dilakukan. Guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional yang kurang melibatkan peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang merespon materi yang disampaikan oleh guru dan terkesan meremehkan, akibatnya siswa bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan meningkatkan minat dan partisipsi siswa kelas VII A setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat dan partisipasi siswa melalui tindakan yang dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan antar pengamat, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan: 1). Minat dan partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII A di MTs Wahid Hasyim sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) Penerapan metode Active Knoledge Sharing dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII A MTs Wahid hasyim dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari dua jam pelajaran satu kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan metode Active Knowledge Sharing ini berjalan dengan lancar. 3) Adanya peningkatan minat dan partisipasi belajar siswa terlihat pada antusias siswa yang bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berkompetisi, merespon dan memperhatikan penjelasan guru, bertanya bila mengalami kesulitan, menjaga ketenangan saat pelajaran berlangsung, menjawab pertanyaan dari guru, mau berdiskusi dengan baik, mau mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan mendengarkan hasil pengamatan dari kelompok lain. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek minat siswa pada observasi awal sebelum tindakan memiliki nilai rata-rata 1,6 (rendah), kemudian pada siklus I 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,1 (sedang), siklus III sebesar 2,8 (tinggi). Sedangkan pada aspek partisipasi hasil observasi pra tindakan memiliki nilai rata-rata 1,5 (rendah), kemudian pada siklus I sebesar 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,5 (sedang), dan siklus III sebesar 2,7 (tinggi). date: 2012-08-06 date_type: published pages: 169 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: NURLAILA, NIM. 07410033 (2012) PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10456/22/small.jpg