eprintid: 10473 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/04/73 datestamp: 2014-03-14 07:29:43 lastmod: 2014-03-14 07:29:43 status_changed: 2014-03-14 07:29:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAHMAWATI RODHIYATUN, NIM. 08410130 title: PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI, pendidikan abstract: RAHMAWATI RODHIYATUN. Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI Di SDIT Ibnu Mas’ud Wates Kulon Progo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Sekolah merupakan lembaga sosial yang memiliki dua tugas khas yaitu pada pengembangan intelektual dan moral bagi siswanya. Hal tersebut merupakan cerminan dari keluhuran pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1. Dalam kenyataannya pembelajaran yang ada lebih berorientasi pada pengetahuan sehingga perlu adanya perhatian terhadap penanaman nilai-nilai moral dan etika untuk menghadapi adanya dekadansi moral. Ada metode- metode khusus yang digunakan SDIT Ibnu Mas’ud Wates Kulon progo untuk menanamkan karakter kepada siswanya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Apa saja nilainilai Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan dalam penanaman karakter, bagaimana pelaksanakan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI, serta faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SDIT Ibnu Mas’ud Wates Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai- nilai PAI yang dikembangkan, mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter siswa serta faktor penghambat maupun pendukung yang di hadapi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan pembelajaran PAI dalam hal penanaman karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, dengan penggunaan penalaran induktif, yakni cara yang berpikir yang berangkat dari fakta- fakta khusus, peristiwa- peristiwa yang konkrit dan khusus itu ditarik generalisasi- generalisasi yang mempunyai sifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilainilai Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan dalam penanaman karakter siswa di SDIT Ibnu Mas’ud Wates Kulon Progo yakni: religius, jujur, kedisiplinan, semangat kebangsaan, kerja keras, cinta tanah air, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, santun, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, kesehatan, tolong menolong, sopan, demokratis, tertib aturan, kesederhanaan, kepemimpinan. (2) Pelaksanaan penanaman karakter siswa di SDIT di lakukan dengan cara: Kegiatan Pembelajaran, Pengembangan Diri, Keteladanan, Pendidikan Kecakapan Hidup, Poster atau Hiasan Dinding Sekolah, Menjalin Komunikasi yang baik dengan Orangtua Siswa. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SDIT Ibnu Mas’ud sebagai berikut: Faktor Pendukung (Peran Orangtua, Partisipasi Semua Pihak Sekolah, Motivasi dan Komitmen Guru, Komunikasi yang Terjalin antara Orangtua dan Guru), Faktor Penghambat (Kurikulum Diknas yang Padat, Latar Belakang Keluarga Siswa yang berbeda) date: 2012-05-21 date_type: published pages: 161 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: RAHMAWATI RODHIYATUN, NIM. 08410130 (2012) PENANAMAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SDIT IBNU MAS’UD WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10473/22/small.jpg