TY - THES ID - digilib10478 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10478/ A1 - RENI SUSANTI, NIM. 08410202 Y1 - 2012/06/08/ N2 - RENI SUSANTI. Implementasi Pendekatan Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fikih Kelas VII B MTs N Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran agama Islam khususnya Fikih selama ini lebih ditekankan pada hafalan dan tekstual, akibatnya peserta didik kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya keinginan peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Pendekatan SAVI ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa aktif berpartisipasi dan menjadikan percaya diri dalam mengikuti pelajaran. Pendekatan SAVI ini merupakan suatu konsep belajar yang berdasarkan aktivitas, karena semua panca indra dioptimalkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan pendekatan SAVI dan mengetahui peningkatan partisipasi setelah penerapan pendekatan SAVI. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, tiga pertemuan tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas VII B MTs N Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan anngket, lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pendekatan SAVI tertuang dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi demonstrasi, diskusi, reading a load, analisis dan kuis. (2) Setelah diterapan pendekatan SAVI di kelas VII B MTs N Yogyakarta II partisipasi peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil presentase angket siswa yang diperkuat dengan lembar observasi. Hasil perhitungan angket menunjukkan bahwa partisipasi siswa pada siklus I mencapai 71,66% (tinggi), sedangkan pada siklus II mencapai 82,43% (sangat tinggi). Selain itu dapat juga dilihat dari hasil perhitungan lembar observasi yang dilakukan selama enam kali, pada siklus I mencapai 71,59 (Tinggi) dan pada siklus II mencapai 81,48 % (sangat tinggi) PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Somatis KW - Audiotori KW - Visual KW - Intelektual KW - fikih M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOMATIS, AUDIOTORY, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII B DI MTS N YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011-2012 AV - restricted EP - 128 ER -