%0 Thesis %9 Skripsi %A ISMUNDORI - NIM. 03410161, %B /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ %D 2008 %F digilib:1048 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pembelajaran, PAI, KTSP. %T PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MENURUT KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MA'ARIF KALIBAWANG KABUPATEN KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1048/ %X ABSTRAK b ISMUNDORI. /b Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008. Penelitian ini berupaya memaparkan keefektifan pembelajaran PAI menurut KTSP di SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo serta bagaimana solusi problema pembelajaran PAI menurut KTSP? Hasil penelitia ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan proses pembelajaran PAI manurut KTSP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber penelitan ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan para siswa SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo. Proses penyajian data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triagulasi yaitu memanfaatkan sesuatu di luar data untuk keperluan pengecekan atau perundingan terhadap data. Hasil penelitaian ini adalah: 1). Proses pembelajaran PAI menurut KTSP di SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo telah mencapai tingkat efektif hal ini terlihat dari beberapa faktor pendukung yang saling berkaitan dan mendukung dalam proses pembelajaran. 2). Beberapa penyelesaian permasalahan yang dilaksanakan di SMP Ma'arif Kalibawang Kebumen Kulon Progo antara lain i pertama, /i memberikan moticasi kepada siswa, i kedua /i , meredial teaching dan pengayaan, dan i ketiga /i , meningkatkan kreatifitas dan aktifitas belajar peserta didik. %Z Pembimbing : Dra. H. Afiyah AS.,M.Si.