%0 Thesis %9 Skripsi %A RUDI RUSTAMAN, NIM. 07410109 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10495 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Pendidikan Agama Islam, Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas, %P 138 %T PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10495/ %X Rudi Rustaman, Pendidikan Agama Islam di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Daerah Istimewa Yogyakarta (BRTPD DIY) yang telah membantu penyandang disabilitas kususnya korban gempa bumi yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya untuk memperoleh rehabilitasi medis dan pendidikan. Yang menjadi permasalahan ini adalah apa tujuan PAI di BRTPD DIY, apa materi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PAI di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas DIY. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tujuan Pendidikan Agama Islam, materi dan metode serta faktor penghambat dan pendukung terhadap proses PAI di BRTPD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah khasanah keilmuwan dalam pendidikan dan memberi pemahaman kepada Pendidik Agama Islam tentang bentuk PAI yang berada di BRTPD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Balai rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Daerah Istimewa Yogyakarta Unit Satu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data yang diperoleh disusun secara sistematis kemudian diadakan penganalisaan dan di berikan makna, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan kebsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu dengan menggunakan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan : (1) Tujuan PAI di BRTPD DIY adalah pemberian motivasi untuk menumbuhkan kesadaran beragama warga binaan, untuk menjalankan kewajiban beragama, berakhlak mulia, menumbuhkan rasa percaya diri, dan dapat mengatasi persoalan hidup, agar dapat memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat (2) Materi yang di ajarkan yaitu materi Keimanan atau Tauhid, materi Ibadah Fiqih, materi Akhlak, materi Sejarah Islam, dan materi Al-Qur’an dan Al-hadits. Metode yang digunakan adalah metode konseling (Penyuluhan dan bimbingan), metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode penugasan.(3) Faktor pendukung pelaksanaan PAI di BRTPD faktor Instruktur, faktor Warga Binaan, dan faktor Prasarana. Untuk faktor instruktur berupa latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki cukup bagus, semangat dan motivasi yang tinggi, dari faktor Warga Binaan adalah semangat yang tinggi untuk mengikuti PAI di BRTPD DIY. Faktor penghambat pelaksanaan PAI di BRTPD DIY adalah, Warga Binaan memiliki latar belakang yang beragam, Instruktur yang memiliki kantor terpisah dan berakibat tidak bisa intensif dalam melakukan bimbingan, Dari faktor sarana belum ada media kusus pembelajaran untuk Warga Binaan penyandang Tuna Rungu, Kurangnya dukungan dari keluarga Warga Binaan, dan Dari BRTPD tidak ada pembagian kelas, jumlah peserta yang banyak.