eprintid: 1050 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/10/50 datestamp: 2012-05-11 04:00:23 lastmod: 2017-03-15 01:07:04 status_changed: 2012-05-04 16:40:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IVA DAMAYANTI - NIM. 03470557, title: PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pengembangan, SD. note: Pembimbing : Dra. Nurrohmah. abstract: ABSTRAK b IVA DAMAYANTI. /b Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program pengembangan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Parakan dan bagaimana program pengembangan kurikulum muatan lokal di SD Muhammadiyah Parakan. Subyek penelitian yang diambil adalah kepala sekolah, guru dan waka kurikulum SD Muhammadiyah Parakan. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang dipakai adalah metode analisis data kualitatif yaitu metode deskriptik-analitik. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dalam rangka program pengembangan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Parakan,kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor melakukan berbagai upaya yaitu melalui supervisi dengan teknik individu seperti percakapan pribadi, mengadakan kunjungan kelas, kemudian melalui teknik kelompok dengan cara pembinaan yang dilaksanakan pada setiap minggu akhir, serta dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan, studi banding, seminar, mengirim guru untuk memberikan pelatihan-pelatihan di sekolah lain dan menjadi peserta guru Jaringan Sekolah Muhammadiyah (JSM) se Jawa-Bali. Sedangkan dalam rangka program pengembangan kurikulum muatan lokal di SD Muhammadiyah Parakan, kepala sekolah beserta jajaran kepengurusannya melakukan upaya dengan menyusun kurikulum setiap mata pelajaran muatan lokal secara sistematis yaitu dengan cara guru menentukan Garis-Garis Besar Program pengajaran (GBPP) atau silabus, kemudian mempelajari Pokok Bahasan (PB) atau Sub Pokok Bahasan (SPB) lalu menentukan garis-garis program pengajaran atau silabus yang akan dicakup dalam masing-masing pokok bahasan atau sub pokok bahasan, kemudian guru menemukan dan menunjukkan unsur-unsur yang terdapat dilingkungan murid atau sekolah yang perlu dipelajari siswa dan sebagai langkah akhir para guru menentukan unsur-unsur mana yang sesuai dengan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. Kemudian dilakukan pembinaan kurikulum muatan lokal serta merencanakan pengembangan kurikulum muatan lokal untuk jangka jauh dan jangka pendek serta mengadakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan sebagai tindak lanjutnya sekolah mengadakan kegiatan kokurikuler dan les untuk beberapa mata pelajaran. date: 2008-07-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-01 15:09:16 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ivadamayan-502-1-ivadama-7.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/11/digilib-uinsuka--ivadamayan-502-1-ivadama-7.pdf ; url download server lama : /download.php?id=624 ; nama file lama : IVA DAMAYANTI 03470557 PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2888936 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IVA DAMAYANTI - NIM. 03470557, (2008) PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH 2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1050/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1050/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf