%A NIM. 08420121 SADAM SILAKHUDIN %T IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N GUBUKRUBUH GETAS PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL %X Sadam Silakhudin. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan mengetahui problem apa saja yang dialami guru dalam upaya mengimplementasikan KTSP mata pelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil setting di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, serta penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul belum optimal. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator (a) sekolah belum pernah mengadakan pelatihan secara khusus tentang KTSP,(b) dalam penyusunan silabus, penyusunan RPP masih belum optimal (c) metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum variatif guru masih menggunakan metode konvensional. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai pada aspek kognitif sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik hasil penilaian menggunakan catatan yang meliputi kehadiran, keaktifan dan kepribadian. (3) Problematika yang dihadapi guru bahasa Arab ketika mengimplementasikan KTSP yakni(a) guru kurang bisa memahami tentang KTSP karena kurangnya pelatihan yang berhubungan langsung dengan KTSP, (b) kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab karena banyak dari siswa yang berasal dari kalangan menengah kebawah sehingga orang tua kurang memperhatikan belajar siswa, (c)latar belakang siswa yang berbeda-beda sehingga kemampuan pemahaman siswa tentang bahasa Arab bervariasi, (d) belum adanya media yang menunjang seperti Lab. Bahasa dan kamus bahasa Arab. (4) Adapun usaha guru dalam mengatasi problem siswa adalah guru mengadakan pelatihan Baca Tulis Al-Quran dan membuat buku hafalan siswa, hal ini untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh. %D 2012 %K Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10500