eprintid: 10500 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/05/00 datestamp: 2014-03-14 07:33:46 lastmod: 2017-04-17 03:08:12 status_changed: 2014-03-14 07:33:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SADAM SILAKHUDIN, NIM. 08420121 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N GUBUKRUBUH GETAS PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan abstract: Sadam Silakhudin. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan mengetahui problem apa saja yang dialami guru dalam upaya mengimplementasikan KTSP mata pelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil setting di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, serta penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh Getas Playen Kabupaten Gunungkidul belum optimal. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator (a) sekolah belum pernah mengadakan pelatihan secara khusus tentang KTSP,(b) dalam penyusunan silabus, penyusunan RPP masih belum optimal (c) metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum variatif guru masih menggunakan metode konvensional. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai pada aspek kognitif sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik hasil penilaian menggunakan catatan yang meliputi kehadiran, keaktifan dan kepribadian. (3) Problematika yang dihadapi guru bahasa Arab ketika mengimplementasikan KTSP yakni(a) guru kurang bisa memahami tentang KTSP karena kurangnya pelatihan yang berhubungan langsung dengan KTSP, (b) kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab karena banyak dari siswa yang berasal dari kalangan menengah kebawah sehingga orang tua kurang memperhatikan belajar siswa, (c)latar belakang siswa yang berbeda-beda sehingga kemampuan pemahaman siswa tentang bahasa Arab bervariasi, (d) belum adanya media yang menunjang seperti Lab. Bahasa dan kamus bahasa Arab. (4) Adapun usaha guru dalam mengatasi problem siswa adalah guru mengadakan pelatihan Baca Tulis Al-Quran dan membuat buku hafalan siswa, hal ini untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab di MTs N Gubukrubuh. date: 2012-07-31 date_type: published pages: 158 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SADAM SILAKHUDIN, NIM. 08420121 (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N GUBUKRUBUH GETAS PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10500/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10500/2/BAB%20II%2C%20III.pdf