eprintid: 10504 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/05/04 datestamp: 2014-03-14 07:33:34 lastmod: 2014-03-14 07:33:34 status_changed: 2014-03-14 07:33:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SAUQI FUTAQI, NIM. 08410140 title: PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU SKI DI MTs NEGERI BANTUL KOTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: lesson study, in-depth interview, MTsN Bantul Kota abstract: Penelitian ini berangkat dari munculnya model lesson study (LS) di sejumlah sekolah/madrasah di Indonesia akhir-akhir ini. Model ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan fokus utama bagaimana siswa belajar dan guru mengajar. Bagaimana guru mengajar adalah persoalan profesionalitas dengan segala kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Maka, LS bisa dibilang model bagi peningkatan profesionalitas guru. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaiamana penerapan LS di MTsN Bantul Kota dan implikasinya bagi profesionalitas guru SKI. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana LS dalam meningkatkan profesionalitas guru SKI di Madrasah ini. Hal ini mengingat guru adalah salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Maka, program LS ini perlu diteliti seberapa jauh ia dapat berjalan efektif bagi peningkatan profesionalitas guru SKI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di MTsN Bantul Kota, khususnya dalam kegiatan LS mata pelajaran SKI. Untuk pengumpulan data digunakan metode wawancara mendalam (in-depth interview) pada individuindividu yang terlibat dalam kegiatan LS. Disamping wawancara mendalam, riset ini juga dilengkapi dengan penelusuran dan analisis dokumen dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LS diterapkan secara maksimal untuk semua mata pelajaran, termasuk SKI, yang terjadwal secara teratur. Berdasarkan hasil temuan bahwa LS dapat berimplikasi bagi peningkatan profesionalitas guru SKI dengan keempat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Disamping kelancaran program LS, tentu ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya media pembelajaran dan minimnya tenaga ahli yang didatangkan pada saat kegiatan LS. Maka, solusinya adalah pihak madrasah semakin meningkatkan kegiatan LS dengan cara menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan LS. date: 2012-06-25 date_type: published pages: 101 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: SAUQI FUTAQI, NIM. 08410140 (2012) PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU SKI DI MTs NEGERI BANTUL KOTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10504/22/small.jpg