eprintid: 1053 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/10/53 datestamp: 2012-05-11 08:20:24 lastmod: 2017-03-15 01:15:31 status_changed: 2012-05-04 16:40:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JOHANDRI - NIM. 03470581, title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Pembelajaran, Tunanetra. note: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si. abstract: ABSTRAK Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra (Study Kasus di MAN Maguwoharjo Sleman). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelasanaan / realisasi Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo, dan belum maksimalnya program kerja MAN Maguwoharjo sebagai sekolah inklusi karena berbagai macam kendala yang sedang dihadapi seperti kurangnya sosialisi terhadap depan guru dan ketiadaan dana menjadi titik tolak penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan Manajemen Pemebalajaran di MAN Maguwoharjo sebagai sekolah inklusi dan Manajemen Pembelajaran Sekolah inklusi dapat terealisasi dengan baik. Penelitian ini penulis banyak melibatkan wakil kepala madrasah urusan kurikulum, wakil kepala madrasah urusan kesiswaan, dan dewan guru husus pembimbing siswa tunanetra karena mereka adalah yang berkompeten dibidang yang diadakan penelitian oleh penulis. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini adalah Deskriptif yaitu bersifat menggambarkan / menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan/realisasi Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta sudah terealisasi hanya beberapa guru mata pelajaran saja seperti guru bidang study Bahasa Inggris, Matematika, Fisika dan Kimia, akan tetapi manajemen pembelajaran sekolah inklusi tersebut belum terealisasi semaksimal mungkin karena memiliki beberapa hambatan yang dihadapi oleh MAN Maguwoharjo Sleman. Disamping beberapa hambatan diatas, buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk barailepun yang tersedia diperpustakaan sangat minim, buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk baraile yaitu : Buku bidang study Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Matematika, Kimia (masing-masing dua buah buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk braile @ menjadi enam exemplar). date: 2008-07-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-01 15:25:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--johandrini-507-1-johandri-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/11/digilib-uinsuka--johandrini-507-1-johandri-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=630 ; nama file lama : JOHANDRI 03470581 MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 10556664 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: JOHANDRI - NIM. 03470581, (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1053/1/BAB%201%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1053/2/BAB%20II%2C%20III.pdf