TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Misbah Ulumunir, M.Si. ID - digilib1054 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1054/ A1 - KHAYAN - NIM. 03470598, Y1 - 2008/07/01/ N2 - ABSTRAK Manajemen Pengembangan Program Pendidikan di MAN Kebumen I (Studi Tentang Pengelolaan Program Pendidikan Keterampilan/Kecakapan Hidup (Life Skill). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pengelolaan program pendidikan keterampilan/ kecakapan hidup (Life Skill) di MAN Kebumen I sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan yang dimiliki siswa, seiring dengan berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi, sehingga berdampak pada kemandirian madrasah dalam mengelola pendidikan. Alasan yang melatarbelakangi MAN Kebumen I mengembangkan program pendidikan keterampilan/ kecakapan hidup (Life Skill) , pengelolaan program pendidikan keterampilan/ kecakapan hidup (Life Skill), serta hasil dari pengembangan program pendidikan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh madrasah, pendidik, dan peserta didik agar pembelajaran keterampilan/ kecakapan hidup (Life Skill) di MAN Kebumen I bisa sempurna sesuai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Kebumen I. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dalam waktu dan melalui alat yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan pelaksanaan manajemen pengembangan program pendidikan di MAN Kebumen I adalah a) Inovasi kurikulum MAN Kebumen I, yaitu adanya dedikasi yang tinggi dari Kepala Madrasah, dengan kebijakannya memberi kebebasan guru untuk berinovasi dalam menyampaikan materi pelajaran yang diampunya, b) Berfungsinya komite sekolah/ madrasah dalam penyusunan program di awal tahun pelajaran. c) Program kerja Kepala MAN Kebumen I, c) Tujuan strategik madrasah bidang pembelajaran, d) Peningkatan kualitas dan optimalisasi proses pembelajaran bidang komputer dan keterampilan otomotif serta busana, e) Penguasaan bidang pendidikan komputer, otomotif, dan busana serta keagamaan yang menyeluruh, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. (2) Pelaksanaan manajemen lembaga pendidikan islam telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa kebijakan kepala madrasah yang tertuang dalam program kerja Kepala MAN Kebumen I yang dilaksanakan oleh para guru pada bidang pendidikan komputer, keterampilan otomotif, dan busana serta keagamaan. (3) Untuk hasil, secara umum dapat diketahui dari prestasi yang pernah diraih siswa MAN Kebumen I selama ini dan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tenaga pengajar program keterampilan, ada beberapa siswa yang dapat dikatakan cukup berhasil setelah lulus dari program keterampilan, seperti ada yang menjadi karyawan pada perusahaan dan berwiraswasta, baik lokal maupun nasional. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Manajemen KW - Pendidikan KW - Life Skill M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN DI MAN KEBUMEN I (Studi Tentang Pengelolaan Program Pendidikan Keterampilan/ Kecakapan Hidup (Life Skill) AV - restricted ER -