<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . "ABSTRAK\r\nPerkembangan zaman yang diiringi dengan pesatnya ilmu pengetahuan, \r\npertumbuhan penduduk, dan meningkat tajamnya lahan-lahan industri untuk\r\nkelangsungan kehidupan modern menimbulkan permasalahan yang serius dalam\r\npenyediaan lahan untuk penguburan jenazah. Di beberapa negara maju,\r\npermasalahan menimbun jenazah menjadi sebuah polemik. Isu kesehatan\r\nlingkungan dan permasalahan lahan menjadi alasan kuat untuk mencari alternatif\r\nselain menimbun jenazah. Di Tokyo misalnya, warga Muslim Jepang, terutama\r\nyang tinggal di kota besar, menyatakan sulitnya memperoleh tanah untuk\r\npemakaman, sementara aturan tata kota di Jepang umumnya justru melarang\r\npenguburan tanpa kremasi. Sedangkan prinsip-prinsip Islam, Muslim menetapkan\r\norang yang meninggal harus dikubur tanpa kremasi. \r\nUntuk menjawab persoalan di atas, telah dilakukan penelitian literatur\r\nyang sifatnya kepustakaan. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah \r\ndeskriptif analitik yang komparatif, dengan tujuan memaparkan kremasi dalam\r\nperspektif hukum Islam, dipandang dengan menggunakan kaca mata istinba>t}\r\nhukum Imam A bu > H }a n i>fah, kemudian penyusun padukan dengan metode istinba>t}\r\n \r\nhukum Imam as-Sya>fi’i.> sehingga dapat diketahui kremasi dalam perspektif\r\nhukum Islam dengan dua metode Imam tersebut. Pendekatan yang digunakan\r\ndalam penelitian ini adalah pendekatan ushul fiqh, yaitu data mengenai persoalan\r\nperawatan jenazah dianalisis secara filosofis-ushul fiqih dengan perangkat-\r\nperangkat sumber-sumber hukum Islam dan metode istinba>t} hukum Islam serta\r\nkaidah-kaidah fiqhiyyah. \r\nKremasi (pembakaran mayat) tidak pernah disinggung oleh nas}s}} baik\r\nal-Qur’a>n maupun al-H}adi>s,| tetapi bertentangan dengan arti mengubur dalam\r\nal-Qur’an yang telah dijabarkan oleh Nabi Muhammad SAW melalui sunnah \r\nqauliyyah, fi’liyyah, dan taqri>riyyah. Kremasi (pembakaran mayat) secara\r\nz|ahir bertentangan dengan h}adi>s| Nabi SAW yang melarang memecah tulang\r\njenazah. Dalam keadaan\r\nd}aru>rah Pembakaran mayat bisa dilaksanakan sebagai\r\nalternatif terakhir, bila penelitian menunjukkan hasil positif bahwa penguburan\r\njasad jenazah secara langsung dapat menyebabkan virus atau bakteri menular\r\n(\r\npatogen) yang akan menyebar dan menimbulkan wabah bagi yang masih hidup\r\nkalau tidak ada tindakan preventif pada jasad tersebut. Di sini jelas didapatkan \r\nsubstansi mafsadah dari penguburan, yaitu timbulnya penyebaran penyakit. \r\nDalam keadaan/kondisi yang\r\nd}aru>rah. Ulama maz|hab H}ana>fi (Imam\r\nAbu> Yu>suf) menyatakan bahwa melakukan sesuatu yang dilarang (diharamkan)\r\ndalam keadaan yang\r\nd}aru>rah hukumnya m u b a >h (boleh). Alasannya adalah\r\nkarena orang yang berada dalam kondisi\r\nd}aru>rah itu melakukan perbuatan yang\r\ndilarang hanya apabila ada keharusan untuk menolak kemadaratan dan\r\nmenyelamatkan diri dari kebinasaan. Di kalangan maz|hab Sya>fi’i> menyatakan\r\nbahwa melakukan yang dilarang di waktu darurat, hukumnya\r\nwajib. Mereka\r\nberalasan dengan firman Allah SWT yakni\r\n“...janganlah kamu menjatuhkan \r\ndirimu sendiri kedalam kebinasaan..”.\r\n Allah SWT berfirman : “sesungguhnya\r\nAllah telah menjelaskan kepadamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali\r\napa yang terpaksa kamu memakannya”\r\n.\\ "^^ . "2012-08-05" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07360035 "^^ . "KHAFID SAIFUL MUJAB "^^ . "NIM. 07360035 KHAFID SAIFUL MUJAB "^^ . . . . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . . "KREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM\r\n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA . . . . . "HTML Summary of #10546 \n\nKREMASI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM \n(STUDI PERBANDINGAN ANTARA METODE ISTINBA<T HUKUM \nIMAM ABU< HANI<FAH DAN IMAM ASY-SYA<FI’I<) \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .