@phdthesis{digilib1059, month = {July}, title = {PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PELUANG KERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BHS. ARAB FAK. TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { LULU MIR'ATUL UMMAH - NIM. 02421312-01}, year = {2008}, note = {Pembimbing I : Drs. H. Nazri Syakur MA., Pembimbing II : Drs.A. Rodli, M.Pd.}, keywords = {Peluang kerja, Prestasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1059/}, abstract = { ABSTRAK b LULU MIR'ATUL UMMAH. /b Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Peluang Kerja Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa tentang peluang kerja serta apakah persepsi mahasiswa tentang peluang kerja berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode pembahasan dalam sekripsi ini yaitu, induktif, deduktif, dan termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta angkatan 2004 dan 2005, keseluruhan jumlahnya adalah 137 mahasiswa. Untuk penarikan sample, penelitian ini menggunakan mertode random sampling, yaitu, pengambilan sampel dengan cara mencampur subyek dalam populasi . Adapun sample yang diambil peneliti hanya mengambil 40 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, Interview, dan dokumentasi. Pengkajian instrument dengan uji validitas dan uji realibilitas. Analisis pengaruh persepsi mahasiswa tentang peluang kerja terhadap prestasi belajar penulis menggunakan uji korelasi koefisien contingensi Hasil dari penelitian ini menunjukkan Persepsi Mahasiswa Tentang Peluang Kerja cukup bagus. 67,5\% responden yakin akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi. Dari hasil uji pengaruh persepsi mahasiswa tentang peluang kerja terhadap prestasi belajar mahasiswa diperoleh koefisien kontingensi 0,587 dan koefisien Phi 0,724. dengan df 38, sehingga persepsi mahasiswa tentang peluang kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab baik dalam taraf signifikansi 5\% maupun 1\%. } }