@phdthesis{digilib1065, month = {July}, title = {APLIKASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SARINI - NIM. 03420252}, year = {2008}, note = {Pembimbing 1 : Drs. H. Zainal Arifin A., M.Ag., Pembimbing 2 : H. Tulus Musthofa, Lc.}, keywords = { E-learning , Pembelajaran Bahasa Arab.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1065/}, abstract = { ABSTRAK b SARINI. /b Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang model aplikasi i e-learning /i dalam pembelajaran bahasa Arab dan menemukan faktor-faktor pendukung serta penghambat aplikasi model i e-learning /i yang digunakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitan ini menunjukkan: 1). Sistem i e-learning /i di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang digunakan yaitu: pertama, materi(content) berupa CD multimedia dan teks berupa web template situs pba-aldakwah.org dan powerpoint. Kedua, Learing Management system (LMS). Ketiga Ifrastruktur yang tersedia berupa perangkat multimedia, komputer, laptop, LAN dan Internet dengan kecepata 512 kbps, dll. 2) Model aplikasi i e-learning /i dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 menggunakan model ICT/ i Web facilitied /i , dan 3). Faktor pendukung aplikasi i e-learning /i bahasa Arab yaitu peserta didik yang cerdas dalam penguasaan bahasa Inggris dan sains serta fasilitas ICT. Sebagai faktor penghambat yaitu minimnya fasilitas sekolah seperti akses internet masih 512kbps, perangkat multimedia, dana, latar belakang sekolah nak yang banyak berasal dari SMP menjadikan para siswa belum familiar dengan bahasa Arab, mind set dan budaya yang berbeda, dimana para murid tidak hanaya berasal dari Yogyakarta namun juga darib berbagai daerah lainnya di Indonesia. } }