%0 Thesis %9 Skripsi %A AGIL ISMA MAULA , NIM. 08600027 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10735 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K learning cycle, lembar kerja siswa, kemampuan penalaran %P 81 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE ( LC ) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII MTSN SUSUKAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10735/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran learning cycle (LC) dengan berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest only control group design. Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran model learning cycle (LC) dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 228 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian posttest untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle (LC) dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 69,40 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 53,61. Seperti halnya perhitungan uji t dua sampel independen 1 sisi, diperoleh bahwa Ho ditolak, artinya bahwa rata-rata kemampuan penalaran siswa kelas eksperimen (Kelas VIIIB) lebih tinggi dari kelas kontrol (Kelas VIIIA). %Z MUHAMMAD WAKHID MUSTOFA, M.SI