TY - THES ID - digilib10759 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10759/ A1 - RATNA DWI ASTUTI, NIM. 08140041 Y1 - 2012/08/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ?keadaan buku bergambar, keadaaan minat baca siswa, dan pengaruh buku bergambar terhadap minat baca siswa di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta?. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survey. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa SDN Lempuyangwangi dan objeknya adalah pengaruh buku bergambar terhadap minat baca siswa di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta.Variabel dalam penelitian yaitu variabel buku bergambar (variabel independen) dan minat baca siswa (Variabel dependen). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisisnya dilakukan uji hipotesis dengan korelasi product moment dan data dianalisis dengan rumus mean. Hasil analisis menunjukan bahwa keadaan buku bergambar di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta sangat baik, dengan skor 3,38. Keadaan minat baca siswa di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta juga sangat baik dengan skor 3,40. Pengaruh antara buku bergambar terhadap minat baca siswa agak kurang berpengaruh dengan nilai korelasi sebesar 0,466. Hal ini bisa dilihat dari korelasi antara variabel X (buku bergambar) dan variabel Y (minat baca). Kesimpulannya, deskripsi buku bergambar di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta sangat baik dengan skor 3,28. Keadaan minat baca siswa di SDN Lempuyangwangi Yogyakarta sangat baik dengan skor 3,40. Pengaruh buku bergambar terhadap minat baca siswa SDN Lempuyangwangi Yogyakarta dinyatakan agak kurang berpengaruh dengan nilai korelasinya sebesar 0,466. Saran perbanyak koleksi buku bergambar, sekolah menambah jadwal jam wajib baca untuk siswanya, sekolah memperkenalkan buku-buku bergambar agar pengaruh minat bacanya bertambah. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - buku bergambar KW - minat baca. M1 - skripsi TI - PENGARUH BUKU BERGAMBAR TERHADAP MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA AV - restricted EP - 118 ER -