eprintid: 10769 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/07/69 datestamp: 2014-03-14 08:00:22 lastmod: 2016-03-02 04:32:46 status_changed: 2014-03-14 08:00:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AI DEDE NURJANAH , NIM. 08680001 title: STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KINERJA BEREKSPERIMEN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Studi Komparatif, Model Pembelajaran Predict-Observe-Expalin (POE), Model Pembelajaran Inquiry Training, Kinerja Bereksperimen, Hasil Belajar Siswa. note: Drs. Satino, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbandingan kinerja bereksperimen siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Inquiry Training. (2) mengetahui perbandingan hasil belajar kognitif siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Inquiry Training. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, yaitu mengkomparasikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Inquiry Training terhadap kinerja bereksperimen dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarata. Data dianalisis dengan menggunakan uij-t dan analisis deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta dan diambil sampel 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar observasi dan soal tes. Data penelitian berupa presentase kinerja berekserimen dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kinerja bereksperimen antara kelas XI IPA 4 yang menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan kelas XI IPA 3 yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas XI IPA 4 83% sedangkan XI IPA 3 73% . (2) terdapat perbadaan hasil belajar kognitif siswa antara kelas XI IPA 4 dan XI IPA 3, yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t dengan harga p = 0,001 dimana < 0,05. date: 2012-08-06 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AI DEDE NURJANAH , NIM. 08680001 (2012) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KINERJA BEREKSPERIMEN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10769/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10769/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf