<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n"^^ . "Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui\r\napakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan induktifdeduktif\r\nyang dikolaborasikan dengan metode\r\nTPS lebih efektif dibandingkan\r\ndengan\r\npembelajaran ekspositori terhadap\r\npemahaman\r\nkonsep\r\nsiswa. Tujuan yang \r\nkedua adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan \r\nmenggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan dengan metode\r\nTPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap\r\nkeaktifan siswa SMP. \r\nJenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan\r\ndesain posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah\r\npembelajaran menggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan\r\ndengan metode TPS dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat\r\ndalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa.\r\nPopulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk sebanyak 89\r\nsiswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumah 60\r\nsiswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 30\r\nsiswa dan kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data\r\nmeliputi pemberian postes untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, lembar\r\nobservasi dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data\r\ndalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya\r\ndilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis\r\nhasil postes. \r\nBerdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai postes siswa\r\nkelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata nilai kelas\r\nkontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan induktifdeduktif\r\nyang dikolaborasikan dengan metode\r\nTPS lebih efektif dibandingkan\r\ndengan\r\npembelajaran ekspositori terhadap\r\npemahaman\r\nkonsep\r\nsiswa. Berdasarkan\r\nanalisis\r\ndata diperoleh kesimpulan\r\nrata-rata\r\nskor observasi siswa\r\nkelas eksperimen\r\n\r\nlebih\r\ntinggi secara signifikan\r\ndari pada rata-rata skor\r\nobservasi kelas\r\nkontrol.\r\nBerdasarkan\r\nanalisis\r\ndata juga\r\ndiperoleh\r\nkesimpulan\r\nrata-rata\r\nskor\r\nskala\r\nsikap\r\n\r\nsiswa\r\nkelas eksperimen\r\nlebih tinggi\r\nsecara signifikan\r\ndari pada\r\nrata-rata skor skala\r\nsikap\r\nkelas kontrol. Artinya\r\nhasil penelitian juga menunjukkan\r\nbahwa pendekatan\r\ninduktif-deduktif\r\nyang dikolaborasikan dengan\r\nmetode\r\nTPS lebih efektif\r\n\r\ndibandingkan\r\ndengan pembelajaran ekspositori\r\nterhadap keaktifan belajar siswa. \r\n "^^ . "2012-08-07" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600049"^^ . "ASTUTI WIDIYANINGSIH"^^ . "NIM. 08600049 ASTUTI WIDIYANINGSIH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF\r\nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK\r\nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10792 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA \nMENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF \nYANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK \nPAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP \n\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@id . .