@phdthesis{digilib10802, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS KOMBINASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DIBANDINGKAN KOMBINASI PBL DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP POLA PIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600062 CATUR WINANTI}, year = {2012}, note = {Drs. H. Edi Prajitno, M.Pd.}, keywords = {problem based learning, pembelajaran kooperatif, think pair and share, jigsaw, pola pikir, dan soal cerita}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10802/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terdapat atau tidaknya perbedaan pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara pembelajaran yang menggunakan kombinasi problem based learning (PBL) dan pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dengan pembelajaran yang menggunakan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, serta untuk mengetahui pembelajaran manakah yang lebih efektif antara penggunaan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan penggunaan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group desain, yang diterapkan pada pembelajaran matematika pokok bahasan luas permukaan kubus, luas permukaan balok, volume kubus, dan volume balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Wates tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 158 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan kelas kontrol yang menerapkan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Data mengenai pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita diperoleh dengan metode tes (posttest) yang dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola pikir siswa kelas VIII SMPN 4 Wates dalam menyelesaikan soal cerita antara penggunaan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Selanjutnya, penggunaan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dibandingkan penggunaan kombinasi PBL dan pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pola pikir siswa kelas VIII SMPN 4 Wates dalam menyelesaikan soal cerita. } }