@phdthesis{digilib10819, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ? ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM-GAME-TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600087 DWI WAHYUNI}, year = {2012}, note = {Suparni, M.Pd}, keywords = {Efektivitas, Pembelajaran kooperatif Tipe Students Teams- Achievement Divisions (STAD), Pembelajaran kooperatif tipe Team-GameTournament (TGT), motivasi belajar, hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10819/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding model konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding model konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. (3) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding TGT terhadap motivasi belajar matematika siswa. (4) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. (5) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibanding model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. (6) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Pre-Experimental Designs bentuk Intact-Group Comparison. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran tipe STAD dan TGT serta variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A-VII F SMP Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol, kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan postes dan skala. Teknik analisis data skala dalam penelitian ini menggunakan uji Kruskall Wallis dan data postes menggunakan Anova satu jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif daripada model konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak lebih efektif daripada model konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. (3) model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif daripada model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar matematika siswa. (4) model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif daripada model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. (5) model pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak lebih efektif daripada model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. (6) model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif daripada model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa. } }