@phdthesis{digilib10821, month = {August}, title = { Perbedaan Metode Brain Based Learning terhadap Capaian Prestasi Prestasi Akademik dan Retensi Pengetahuan Siswa pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Argopuro) }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07690038 EDI KURNIAWAN}, year = {2012}, note = {Frida Agung R, M.Sc}, keywords = {Model Brain Based Learning, metode Denyut, SAT}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10821/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan model Brain Based Learning metode Denyut dan metode SAT (Sugget, Ask, Tell) terhadap capaian prestasi belajar Fisika pada meteri Usaha dan Energi. (2) perbedaan penggunaan model Brain Based Learning metode Denyut dan metode SAT (Sugget, Ask, Tell) terhadap retensi pengetahuan Fisika pada meteri Usaha dan Energi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik purposive sampling dalam pemilihan sampelnya. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII A dan VIII B di SMP Argopuro kecamatan Panti Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berupa tes kognitif yang meliputi soal pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: (1) Tidak terdapat perbedaan penggunaan model Brain Based Learning metode pembelajaran Denyut dan SAT terhadap capaian prestasi kognitif pada materi Usaha dan Energi. Hasil pengujian menunjukkan nilai F hitung sebesar 0,87 dengan nilai F sebesar 1,87 (F hitung {\ensuremath{<}} F ) pada taraf signifikansi 5\%. Hal ini menunjukkan metode Denyut dan SAT memiliki kesamaan pengaruh dalam capaian prestasi kognitif pada materi Usaha dan Energi. 2) terdapat perbedaan penggunaan model Brain Based Learning metode pembelajaran Denyut dan SAT terhadap retensi pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai F hitung tabel sebesar 6,01 dan F sebesar 2,44 pada taraf signifikansi 5\%. (F hitung {\ensuremath{>}} F tabel tabel ) dapat disimpulkan metode Denyut lebih berpengaruh dari metode SAT terhadap retensi pengetahuan siswa dalam pembelajaran Fisika pada materi Usaha dan Energi. tabel} }