<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n "^^ . "ABSTRAK \r\n Pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Jumo masih berpusat\r\npada Guru. Pembelajaran tersebut dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan\r\nkurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ternyata kurang\r\nmemberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang optimal. Melalui model\r\npembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan\r\nlearning start with a question yang lebih menekankan pada pembelajarran\r\nindividu dan kerjasama kelompok, diharapkan dapat berpengaruh pada hasil\r\nbelajar yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada\r\nperbedaan peran aktif dan hasil belajar antara siswa kelas VII MTs Ma’arif Jumo\r\ntahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan (1) model pembelajaran\r\nkooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualizations) dengan learning start with\r\na question (2) yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team\r\nAssisted Individualizations) dan (3) yang diajar dengan pembelajaran\r\nkonvensional. \r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain\r\nPost-test Only Control Design. Variable penelitian terdiri atas yaitu (1) variabel\r\nbebas yaitu berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan\r\nlearning start with a question, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model\r\nkonvensional. (2) variabel terikat (X,Y) berupa peran aktif dan hasil belajar.\r\nPengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan\r\nobservasi. Validitas instrument penelitian menggunakan validitas isi serta\r\nvaliditas konstruk. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Analisis data\r\nmenggunakan uji One Way Anova dengan menggunakan uji lanjutan Scheffe. \r\nHasil penelitian menunjukkan pada hasil (1) pembelajaran kooperatif tipe\r\nTAI dengan learning start with a question lebih efektif dibandingkan\r\npembelajaran konvensional terhadap peran aktif dan hasil belajar (2) pembelajaran\r\nkooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional\r\nterhadap peran aktif dan hasil belajar. (3) pembelajaran kooperatif tipe TAI\r\ndengan learning start with a question tidak lebih efektif dibandingkan\r\npembelajaran TAI terhadap peran aktif dan hasil belajar \r\n\r\n"^^ . "2012-08-17" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600009 "^^ . "EKA WALTIYAH"^^ . "NIM. 08600009 EKA WALTIYAH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START\r\nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \r\nMATEMATIKA SISWA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10827 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI \n(TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN LEARNING START \nWITH A QUESTION TERHADAP PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR \nMATEMATIKA SISWA \n \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .