@phdthesis{digilib10831, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600056 EVI YULIASARI}, year = {2012}, note = {Suparni, M.Pd.}, keywords = { Efektivitas, Metode Inside Outside Circle, Ketuntasan Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10831/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika yang menggunakan metode Inside Outside Circle lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika yang menggunakan metode konvensional terhadap pencapaian ketuntasan belajar siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu variabel bebas berupa metode Inside Outside Circle dan variabel terikat berupa ketuntasan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 16 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 238 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang dalam tiap kelasnya terdapat 34 siswa. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan post-test dan analisisnya menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Z yang diperoleh pada uji proporsi dua populasi adalah 2,35 {\ensuremath{>}} 1,645 (Z tabel hitung ) yang berarti pencapaian ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih tinggi proporsinya dari pada pencapaian ketuntasan belajar kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Inside Outside Circle lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika yang menggunakan metode konvensional terhadap pencapaian ketuntasan belajar siswa kelas VIII. Dengan demikian, metode Inside Outside Circle dapat dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa kelas VIII. } }