@phdthesis{digilib10859, month = {August}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs NEGERI BANTUL YOGYAKARTA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07680020 HENDERI}, year = {2012}, note = {Runtut Prih Utami, M.Pd}, keywords = {Model Pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS), Hasil Belajar, dan Tanggapan Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10859/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta; (2) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolaboratif, yaitu penelitian yang terdiri dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif yang digunakan adalah Quasy Eksperimen tipe Pretest-Posttest Control Group Design untuk hasil belajar IPA Biologi siswa. Sedangkan penelitian kualitatif digunakan angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian semua siswa kelas VII MTs Negeri Bantul Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas dengan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII A (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII E (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, dan penyebaran angket sesudah proses pembelajaran. Analisis data untuk hasil belajar IPA Biologi siswa menggunakan Uji-t dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model pembelajaran konvensional menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji-t yang menunjukan nilai t hitung {\ensuremath{>}} t sebesar 2,987 {\ensuremath{>}} 1,994 dengan taraf signifikansi (0,05). (2) Tanggapan siswa terhadap model tabel pembelajaran SETS memiliki tanggapan yang positif pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata persentase tanggapan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SETS sebesar 69,77\% lebih besar dibandingkan rata-rata persentase kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional sebesar 62,02\%. } }