<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n "^^ . " \r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model\r\npembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi\r\npencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta; (2) Tanggapan siswa\r\nterhadap model pembelajaran SETS pada materi pencemaran lingkungan di MTs\r\nNegeri Bantul Yogyakarta. \r\nPenelitian ini termasuk jenis penelitian kolaboratif, yaitu penelitian yang\r\nterdiri dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif yang\r\ndigunakan adalah Quasy Eksperimen tipe Pretest-Posttest Control Group Design\r\nuntuk hasil belajar IPA Biologi siswa. Sedangkan penelitian kualitatif digunakan\r\nangket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model\r\npembelajaran konvensional. Populasi penelitian semua siswa kelas VII MTs\r\nNegeri Bantul Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas dengan sampel diambil\r\nsecara cluster random sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII A (sebagai\r\nkelas eksperimen) dan kelas VII E (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data\r\npenelitian dilakukan melalui tes, dan penyebaran angket sesudah proses\r\npembelajaran. Analisis data untuk hasil belajar IPA Biologi siswa menggunakan\r\nUji-t dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model\r\npembelajaran konvensional menggunakan analisis deskriptif. \r\nHasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif model\r\npembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi\r\npencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini dibuktikan\r\ndengan hasil Uji-t yang menunjukan nilai t\r\nhitung\r\n > t\r\n sebesar 2,987 > 1,994\r\ndengan taraf signifikansi (0,05). (2) Tanggapan siswa terhadap model \r\ntabel\r\npembelajaran SETS memiliki tanggapan yang positif pada pembelajaran IPA\r\nBiologi materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini\r\nditunjukan dengan rata-rata persentase tanggapan siswa pada kelas eksperimen\r\ndengan menggunakan model pembelajaran SETS sebesar 69,77% lebih besar\r\ndibandingkan rata-rata persentase kelas kontrol dengan menggunakan model\r\nkonvensional sebesar 62,02%. \r\n\r\n"^^ . "2012-08-13" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07680020"^^ . "HENDERI"^^ . "NIM. 07680020 HENDERI"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Text)"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT\r\nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \r\nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \r\nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \r\nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #10859 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT \nTECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL \nBELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI \nPENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs \nNEGERI BANTUL YOGYAKARTA \n \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .