eprintid: 10859 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/08/59 datestamp: 2014-03-14 08:05:58 lastmod: 2016-03-02 04:47:07 status_changed: 2014-03-14 08:05:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HENDERI, NIM. 07680020 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs NEGERI BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Model Pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS), Hasil Belajar, dan Tanggapan Siswa note: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta; (2) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolaboratif, yaitu penelitian yang terdiri dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif yang digunakan adalah Quasy Eksperimen tipe Pretest-Posttest Control Group Design untuk hasil belajar IPA Biologi siswa. Sedangkan penelitian kualitatif digunakan angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian semua siswa kelas VII MTs Negeri Bantul Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas dengan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII A (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII E (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, dan penyebaran angket sesudah proses pembelajaran. Analisis data untuk hasil belajar IPA Biologi siswa menggunakan Uji-t dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran SETS dan model pembelajaran konvensional menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji-t yang menunjukan nilai t hitung > t sebesar 2,987 > 1,994 dengan taraf signifikansi (0,05). (2) Tanggapan siswa terhadap model tabel pembelajaran SETS memiliki tanggapan yang positif pada pembelajaran IPA Biologi materi pencemaran lingkungan di MTs Negeri Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata persentase tanggapan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SETS sebesar 69,77% lebih besar dibandingkan rata-rata persentase kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional sebesar 62,02%. date: 2012-08-13 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HENDERI, NIM. 07680020 (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs NEGERI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10859/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10859/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf