relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10868/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE COURSE REVIEW HOREY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SLEMAN KOTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok) creator: IMA ELISA, NIM. 08600054 subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) yang dikombinasikan dengan metode course review horey dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2011/2012 semester genap pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan model konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2011/212 yang terdiri dari 6 kelas (sebanyak 205 siswa). Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional terhadap motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat pada uji Scheffe nilai signifikansi kurang dari 0,05. Nilai sig. 0,000 < 0,05 terhadap model konvensional dan nilai sig. 0,002 < 0,05 terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pada hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey lebih efektif dibandingkan model konvensional, namun tidak lebih efektif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pengujian hipotesis terhadap model konvensional pada uji Scheffe dengan nilai sig. 0,032 < 0,05, sedangkan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT nilai sig. 0,702 > 0,05. date: 2012-08-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10868/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10868/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: IMA ELISA, NIM. 08600054 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE COURSE REVIEW HOREY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SLEMAN KOTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.