@phdthesis{digilib10871, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP   DAN KEAKTIFAN SISWA SMP }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600033 INDRI NOVITASARI}, year = {2012}, note = {Drs.Edi Prajitno, M.Pd.}, keywords = {Team Assisted Individualization (TAI), teknik permainan, pemahaman konsep, keakatifan siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10871/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan dibanding metode pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep. (2) mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan dibanding metode pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan teknik permainan, sedangkan variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 89 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian posttest untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata nilai sig (1-tailed) sebesar 0.0055 yang berarti lebih kecil dari 0.05, maka disimpulkan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data angket keaktifan diperoleh nilai Sig (1-tailed) sebesar 0.060 yang berarti lebih besar dari 0.05, maka disimpulkan rata-rata skor angket keaktifan siswa kelas eksperimen tidak lebih tinggi daripada rata-rata skor angket keaktifan siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan tidak lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa.} }