<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP "^^ . "Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan metode pembelajaran \r\nkooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan\r\ndibanding metode pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep. (2)\r\nmengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted \r\nIndividualization (TAI) dengan teknik permainan dibanding metode pembelajaran \r\nekspositori terhadap keaktifan siswa.\r\nJenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest-Only \r\nControl Design. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe TAI\r\n(Team Assisted Individualization) dengan teknik permainan, sedangkan variabel\r\nterikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian\r\nini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 89\r\nsiswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh\r\nkelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol.\r\nTeknik pengumpulan data meliputi pemberian posttest untuk mengetahui\r\npemahaman konsep siswa dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik\r\nanalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test.\r\n Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata nilai sig (1-tailed) sebesar\r\n0.0055 yang berarti lebih kecil dari 0.05, maka disimpulkan rata-rata nilai posttest\r\nsiswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata nilai\r\nposttest kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran\r\nkooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan\r\nlebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap\r\npemahaman konsep. Berdasarkan analisis data angket keaktifan diperoleh nilai\r\nSig (1-tailed) sebesar 0.060 yang berarti lebih besar dari 0.05, maka disimpulkan\r\nrata-rata skor angket keaktifan siswa kelas eksperimen tidak lebih tinggi daripada\r\nrata-rata skor angket keaktifan siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan\r\nbahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization\r\n(TAI) dengan teknik permainan tidak lebih efektif dibanding dengan metode\r\npembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa."^^ . "2012-08-07" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600033"^^ . "INDRI NOVITASARI"^^ . "NIM. 08600033 INDRI NOVITASARI"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN\r\nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \r\n \r\nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10871 \n\nEFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN \nTEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP \n  \nDAN KEAKTIFAN SISWA SMP \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .