TY - THES N1 - Sugiyono, M.Pd ID - digilib10880 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10880/ A1 - LIZA SUDARTI , NIM. 07600028 Y1 - 2012/08/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi dilengkapi media kartu sistematik lebih efektif daripada metode ekspositori ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok.Jenis penelitian ini adalah eksperim en semu dengan desain Non Equivalent Control Group Design . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pe mbe lajaran dengan dua variasi yaitu metode diskusi dilengkapi media kartu sistematik dan metode ekspositori , sedangkan variabel terikat dalam pe nelitian ini adalah hasil belajar.B eberapa variabel yang dikontrol dalam penelitian ini s eperti kelas, materi dan guru. P opulasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 141 siswa . S ampel menggunakan dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Analisis data dilakukan d engan bantuan program aplikasi SPSS melalui uji inferensial yaitu uji t dua sampel independen antara gain kelas eksperimen dan gain kelas kontrol. Output SPSS menyajikan nilai Sig. ( 2 ? ? ? ? ? ? ? 2 ) lebih kecil dari pada ?, yaitu 0,00 < 0,05 maka Ho ditola k atau Ha diterima, artinya gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada gain kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode diskusi dilengkapi media kartu sistematik lebih efektif daripada metode ekspositori ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SM P Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2011/2012 . PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Metode diskusi dilengkapi media kartu sistematik KW - hasil belajar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DILENGKAPI MEDIA KARTU SISTEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK AV - restricted ER -