%A NIM. 06680020 MUHAMMAD MUTTAQIIN %O Arifah Khusnuryani, M.Si %T PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DI MTS MU’ALLIMIN YOGYAKARTA %X . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengaruh penerapan strategi active learning tipe the power of two terhadap hasil belajar IPA Biologi(2) partisipasi siswa di MTs Mu’allimin Yogyakarta(3) tanggapan siswa terhadap penerapan strategi active learning tipe the power of two dalam pembelajaran IPA biologi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre-test post-test control group Design. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas VII MTs Mu’allimin Yogyakarta yang terdiri dari 6 kelas yang diambil secara random dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar soal pre-test dan post-test, lembar observasi partisipasi, dan angket tanggapan. Analisis data menggunakan uji t dua sampel independen dan Uji Mann Whitney-U xvi . Hasil analisis data penelitian menggunakan uji t dua sampel independen untuk menghitung ada tidaknya pengaruh penerapan strategi active learning tipe the power of two terhadap hasil belajar IPA Biologi menunjukkan t hitung -3,414 < t tabel -2,0003 dengan p-value (Sig.) 0,001. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh strategi yang diterapkan terhadap hasil belajar siswa di MTs Mu’allimin Yogyakarta. Sementara itu, hasil Uji Mann Whitney-U untuk menghitung ada tidaknya pengaruh penerapan strategi active learning tipe the power of two terhadap partisipasi siswa menunjukkan Z -4,061 dan p-value (Sig.) 0,000. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh strategi yang diterapkan terhadap partisipasi siswa di MTs Mu’allimin Yogyakarta. Serta hasil tanggapan siswa menunjukkan Z -2,518 dan p-value (Sig.) 0,012, artinya siswa memberi tanggapan positif terhadap penerapan strategi active learning tipe the power of two. %K Active Learning, Hasil Belajar, Partisipasi, dan The Power Of Two. %D 2012 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10896