%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD RIZAL FAHLEVI , NIM. 07600001 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10899 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Model learning cycle 5e, metode think pair share, metode student team achievment division, kreativitas, dan model ekspositori %T “EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 5E (Engagment, Exploration, Explanation, Elaboration and Evaluation) DENGAN TPS (Think Pair Share) DAN MODEL LEARNING CYCLE5E DENGAN STAD (Student Team Achievment Division) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10899/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 5e dengan TPS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model learning cycle 5e dengan STAD maupun dengan pembelajaran dengan ekspositori. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif atau kreativitas siswa pada aspek kemampuan kefasihan, berpikir luwes, memperinci dan ketrampilan menilai dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain pretest-postest control group design di mana subjek penelitiannya adalah siswa MA Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta kelas IV tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi sebanyak 6 kelas di sekolah yang diteliti diambil sampel 3 kelas homogen, yaitu dua kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Dalam menentukan kelasnya diambil secara pertimbangan guru dan hasil ulangan minggu sebelumnya sesuai dengan kelas-kelas yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 5e dengan TPS tidak lebih efektif dari pada model learning cycle 5e dengan STAD terhadap kreativitas matematika siswa sama. Sedangkan untuk model learning cycle 5e dengan TPS dan model learning cycle 5e dengan STAD sama-sama lebih efektif dari pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model ekspositori terhadap kreativitas siswa. %Z Much. Abrori, S.Si., M.Kom.