%A NIM. 08690063 ERDI GUNA UTAMA %O Pembimbing : Widodo Setiyo Wibowo, M.Pd %T PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU TIPE WEBBED BERBASIS ISLAM-SAINS DENGAN TEMA GEMPA DAN TSUNAMI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS IX %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kualitas modul IPA terpadu tipe webbed berbasis islam-sains dengan tema gempa dan tsunami untuk siswa SMP/MTs kelas IX menurut penilaian ahli materi, media, dan guru IPA SMP/MTs, 2) mengetahui respon siswa terhadap modul IPA terpadu ini. Penelitian yang dikembangkan ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model prosedural 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Data kualitas modul IPA diperoleh dari 3 penilai ahli media dan 3 ahli materi. Subjek uji coba terbatas dilakukan pada 6 siswa dan uji coba luas pada 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (skala Likert) dan lembar respon siswa (skala Guttman). Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap modul IPA pembelajaran dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kualitas modul IPA terpadu tipe webbed berbasis islam-sains dengan tema gempa dan tsunami untuk siswa SMP/MTs kelas IX menurut ahli materi adalah Baik (B) dengan persentase 79,75%; menurut ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase 82,25%; dan menurut guru IPA SMP/MTs adalah Baik (B) dengan persentase 78,75%, 2) respon siswa terhadap modul IPA terpadu tipe webbed berbasis islam-sains dengan tema gempa dan tsunami untuk siswa SMP/MTs kelas IX pada uji coba terbatas adalah Setuju (S) dengan persentase 86,80%, sedangkan respon siswa pada uji coba luas adalah Setuju (S) dengan persentase 85,42%. %K Kata Kunci: Pengembangan, Modul IPA, Tipe webbed, Islam-sains %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10938