relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10946/
title: PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF  BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY)  YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI   POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI  SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
creator: IKA YUNITA PURWANINGSIH, NIM. 09680001
subject: Pendidikan Biologi
description: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Petunjuk   Praktikum Biologi Ilustratif Berbasis Pendekatan Pendekatan Inquiri (guided inquiry)  yang mengembangkan Pendidikan Karakter pada Materi Pokok Sistem Pencernaan  Makanan untuk Kelas XI Semester 1 di SMA 3 Muhammadiyah Yogyakarta dan  mengetahui kualitas petunjuk praktikum yang telah dikembangkan berdasarkan uji  coba terbatas.    Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono.  Tiga tahap awal pada prosedur pengembangan menggunakan langkah awal pada  model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, and Development (ADD) atau  analisis, perencanaan, dan penyusunan. Petunjuk praktikum ini divalidasi oleh 1  orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli bahasa, dan diuji coba terbatas  pada keterbacaan oleh 2 orang guru Biologi dan 15 orang siswa. Penilaian petunjuk  praktikum dilakukan oleh reviewer yaitu 2 orang guru Biologi SMA dan 15 siswa  kelas XII. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Data yang  diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan  dianalisis untuk menentukan kualitas petunjuk praktikum.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa petunjuk praktikum Biologi yang  dikembangkan menurut penilaian baik 2 orang guru Biologi SMA maupun 15 siswa  di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta menilai Sangat Baik (SB), tetapi pada aspek  grafika guru menilai Baik (B) sedangkan siswa menilai Sangat Baik (SB). Jadi, secara  keseluruhan petunjuk praktikum cenderung Sangat Baik. Berdasarkan penilaian  tersebut petunjuk praktikum Biologi ilustratif berbasis pendekatan inkuiri terbimbing  (guided inquiry) yang mengembangkan pendidikan karakter pada materi pokok  sistem pencernaan makanan untuk kelas XI semester I layak dan dapat digunakan  sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MAN Kelas XI Semester 1.
date: 2014-01-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10946/32/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10946/33/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf
identifier:   IKA YUNITA PURWANINGSIH, NIM. 09680001  (2014) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.