@phdthesis{digilib10948, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU MODEL SHARED DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY KELAS VII SMP/MTs SEMESTER GASAL SKRIPSI }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08690006 INDRA RAHMATUL ?ULA}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Widodo Setiyo Wibowo}, keywords = {Kata kunci: Panduan Praktikum, IPA Terpadu, Model Shared, Pendekatan Guided Inquiry. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10948/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kualitas panduan praktikum IPA Terpadu model shared dengan pendekatan Guided Inquiry kelas VII SMP/MTs semester Gasal, (2) mengetahui respon siswa terhadap panduan praktikum IPA Terpadu yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif. Menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan 5 langkah utama yaitu: 1) analisis kebutuhan dan produk yang dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi produk oleh ahli dan revisi; 4) uji coba terbatas dan revisi produk; 5) uji coba luas dan produk akhir. Pengumpulan data kualitas produk dan respon siswa menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Panduan praktikum dinilai oleh 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 3 guru IPA SMP/MTs. Subjek respon siswa pada uji coba terbatas 8 siswa dan uji coba luas 20 siswa kelas VII di Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data kualitas produk dan respon siswa dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini :(1) Kualitas Panduan Praktikum IPA yang dikembangkan menurut ahli media dan guru IPA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan presentase ideal masing-masing 88,98\% dan 84,80\%, dan menurut ahli materi memilki kualitas Baik (B) dengan presentase 78,80\%; (2) respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan respon Setuju (S) dengan presentase masing-masing 87,28\% dan 94,71\%. } }