@phdthesis{digilib10960, month = {October}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN PBL (Problem Based Learning) DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE NHT (Numbered Heads Together) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600045 SITI SURASNI WIDIARTI}, year = {2014}, note = {PEMBIMBING : Suparni, M.Pd. }, keywords = {KataKunci: Pendekatan Problem Based Learning, Metode Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10960/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PBL dengan metode NHT dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, (2)efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, (3) efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PBL dengan metode NHT dibandingkan pendekatan PBL terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitiandilakukan di kelas VII SMP Negeri2 Bambanglipuro tahun ajaran 2012/2013 semester genap pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro tahun ajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan posttest soal pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu pendekatan PBL yang dikolaborasikan dengan metode NHT, pendekatan PBL dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variable terikatya itu pemahaman konsep dan pemecahan masalah.Teknik analisis data menggunakan uji Anova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pendekatan PBL dengan metode NHTlebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, (2) pendekatan PBL dengan metode NHT lebih efektif dibandingkan pendekatan PBL tidak lebih efektif terhadappemahaman konsep dan lebih efektif terhadap pemecahan masalah, dan (3) pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional lebih efektif terhadap pemahaman konsep dan tidak lebih efektif terhadap pemecahan masalah. } }