@phdthesis{digilib10967, month = {January}, title = { PENGARUH METODE SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) PESERTA DIDIK KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA UII YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09670017 KLITA JULIANTI}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, M.Pd }, keywords = {Kata kunci : Metode SQ4R, Hasil Belajar Kognitif, Curiosity (Rasa Ingin Tahu) }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10967/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi pokok koloid terhadap hasil belajar kognitif dan curiosity (rasa ingin tahu) peserta didik kelas XI IPA tahun pelajaran 2012/2013 di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode SQ4R, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan metode yang biasa diterapkan guru kimia SMA di SMA UII pada materi tersebut yaitu ceramah. Uji hipotesis dilakukan melalui uji Mann Withney. Hasil uji hipotesis skala sikap diperoleh nilai Exact Sig. [2*(1-tailed)] = 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang menunjukkan bahwa metode SQ4R berpengaruh terhadap curiosity peserta didik. Uji hipotesis hasil belajar kognitif diperoleh Exact Sig. [2*(1-tailed)] = 0,1 {\ensuremath{>}} 0,05 yang menunjukkan bahwa metode SQ4R tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. } }