eprintid: 10972 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/09/72 datestamp: 2014-03-18 01:24:33 lastmod: 2016-03-04 07:52:40 status_changed: 2014-03-18 01:24:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADITIYA PURNAMA, NIM. 08680054 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Adobe Flash CS4, Bryophyta, Pteridophyta. note: Pembimbing: Dian Noviar, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 untuk siswa SMA/MA Kelas X pada sub materi pokok bryophyta dan pteridophyta, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun, pada penelitian ini hanya mencakup sampai tahap ADDE. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket yang mencakup aspek yaitu kebenaran dan keluasan konsep, kebahasaan, tampilan, keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, dan 5 peer reviewer, 2 guru biologi). Uji coba terbatas melalui respon dari 15 siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 87,69%, sedangkan respon siswa termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 84%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 pada sub materi bryophyta dan pteridophyta layak digunakan dalam pembelajaran biologi. date: 2014-01-03 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINTEK thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADITIYA PURNAMA, NIM. 08680054 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10972/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10972/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf