TY - THES N1 - Pembimbing : Dian Noviar, M. Pd. Si ID - digilib10982 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10982/ A1 - ASHARI YULIANTO, NIM. 08680059 Y1 - 2014/10/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash Cs4 pada materi pokok avertebrata untuk siswa kelas X SMA/MA, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash Cs4 pada materi pokok avertebrata sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun pada penelitian ini hanya mencakup tahap ADDE. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket yang mencakup aspek kebenaran, keluasan konsep, kebahasaan, tampilan, keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, dan 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan respon dari 15 siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Yogyakarta melalui ujicoba terbatas). Data nilai kualitas yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash Cs4 yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dilakukan sampai tahap development. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru ditinjau dari keseluruhan aspek menunjukkan kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash Cs4 termasuk kategori Sangat Baik (SB), sedangkan respon siswa termasuk kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash Cs4 materi avertebrata yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Adobe Flash Cs4 KW - Avertebrata KW - Media KW - Pembelajaran. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS 4 PADA MATERI POKOK AVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA / MA AV - restricted ER -