%0 Thesis %9 Skripsi %A DETU MAHARANI PUSPITA SARI, NIM. 09680023 %B FAKULTAS SAINTEK %D 2014 %F digilib:10984 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Poster Session, Group Resume, Hasil Belajar Kognitif Biologi, Minat Belajar Biologi, Tanggapan. %T PENGARUH STRATEGI POSTER SESSION DAN GROUP RESUME TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10984/ %X Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh strategi Poster Session dan Group Resume terhadap minat dan hasil belajar biologi pada materi daur biogeokimia. (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan strategi Poster Session dan Group Resume dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Desain penelitiannya nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yakni strategi pembelajaran poster session dan group resume, variabel terikat yakni hasil belajar kognitif dan minat belajar biologi, variabel kontrol yakni materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah 258 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test, mann whitney u-test, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran poster session dan group resume lebih berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, media power point, handout, dan LKS dengan nilai sig 0,00 > 0,05. (2) strategi pembelajaran poster session dan group resume tidak berpengaruh terhadap minat belajar biologi dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, media power point, handout, dan LKS dengan nilai sig 0,883 > 0,05. (3) penerapan strategi pembelajaran poster session dan group resume mendapat tanggapan positif dari siswa dengan persentase 62,5%. %Z Pembimbing : Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM.