%0 Thesis %9 Skripsi %A HESTIEN ANGGARWATI WAHYUNINGTYAS, NIM. 09690045 %B FAKULTAS SAINTEK %D 2014 %F digilib:10989 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Media Pembelajaran, Authoring Tool Lectora, Optika Geometris. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUTHORING TOOL LECTORA MATERI OPTIKA GEOMETRIS SEBAGAI SARANA BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN MAGUWOHARJO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10989/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan authoring tool lectora materi Optika Geometris sebagai sarana belajar peserta didik; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif menggunakan authoring tool lectora materi Optika Geometris yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/MA; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan authoring tool lectora materi optika geometris yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang diadaptasi dari penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah pengembangan tersebut antara lain (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil; serta (5) uji coba lapangan skala besar. Instrumen penelitian berupa lembar validasi media, skala penilaian, dan skala respon peserta didik. Penilaian kualitas media dan respon peserta didik menggunakan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan: (1) media pembelajaran interaktif menggunakan authoring tool lectora materi Optika Geometris sebagai sarana belajar peserta didik; (2) kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA/MA secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria sangat baik (SB) dengan persentase yang diperoleh dari ahli materi 89,58%; ahli media 84,44%; dan guru fisika SMA/MA 82,38%; (3) respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki kriteria setuju (S) pada tahap uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar dengan persentase yang diperoleh masing-masing 69,61% dan 77,15%. %Z Pembimbing : Daimul Hasanah, M.Pd