eprintid: 11002 rev_number: 34 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/10/02 datestamp: 2014-03-18 04:40:53 lastmod: 2016-01-27 02:46:34 status_changed: 2014-03-18 04:40:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR ARIF ISNANTO, NIM. 09600035 title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 2.2 DAN 2.3 KELAS XI IPA KTSP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. note: Pembimbing : Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (KBMTT) dan kecerdasan emosional (KE) siswa; (2) mengetahui kualitas bahan ajar matematika berbasis masalah berdasarkan penilaian validator; (3) mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar matematika berbasis masalah; (4) mengetahui respons siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dan penggunaannya dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian bahan ajar, instrumen evaluasi KBMTT (tes), skala sikap KE, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial meliputi uji wilxocon, uji paired samples test, dan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tiga tahap yaitu pendahuluan, pengembangan, dan uji produk; (2) Kualitas bahan ajar matematika berbasis masalah termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan dengan persentase keidealan sebesar 75, 4717%; (3) Efektivitas penggunaan bahan ajar dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon, uji paired samples test, dan uji anova. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar efektif untuk meningkatkan pencapaian kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa. Keefektifan penggunaan bahan ajar terhadap peningkatan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dipengarui oleh KMU namun tidak dipengaruhi oleh gender. Penggunaan bahan ajar tidak efektif untuk meningkatkan pencapaian kecerdasan emosional siswa. Ketidakefektifan penggunaan bahan ajar terhadap peningkatan pencapaian kecerdasan emosional tidak dipengaruhi oleh KMU dan gender; (4) Respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respons positif, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keseluruhan pada angket bagian pertama sebesar 82% dan angket bagian kedua sebesar 84%. date: 2014-01-06 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINTEK thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR ARIF ISNANTO, NIM. 09600035 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH ALIYAH PADA KOMPETENSI DASAR 2.2 DAN 2.3 KELAS XI IPA KTSP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11002/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11002/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf