%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD FULKI AL-FAKKAR, NIM. 08390129 %B FAK. SYARIAH DAN HUKUM %D 2013 %F digilib:11005 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif nasabah, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, pengukuran kinerja. %P 124 %T ANALISIS PENGUKURAN KINERJA TERINTEGRASI METODE BALANCED SCORECARD PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH AMAL MULIA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11005/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Amal Mulia Yogyakarta apabila diukur dengan metode balanced scorecard yang terdiri dari empat perspektif, yaitu: (1) perspektif keuangan, (2) perspektif nasabah, (3) perspektif proses bisnis internal, dan (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah mengukur rasio ROA dan rasio BOPO (perspektif keuangan); survey tingkat kepuasan nasabah (perspektif nasabah); melihat tahapan inovasi dan proses operasi (perspektif proses bisnis internal); mengukur tingkat produktivitas karyawan, tingkat retensi karyawan, dan survey kepuasan kerja karyawan (perspektif pertumbuhan dan pembelajaran). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Amal Mulia Yogyakarta apabila diukur dari (1) perspektif keuangan adalah baik(rasio ROA mengalami peningkatan dan penurunan, akan tetapi masih berada dalam ketentuan nilai yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yaitu sebesar 1,5% dan rasio BOPO cenderung mengalami penurunan yang berarti baik); (2) perspektif nasabah adalah baik (nasabah merasa puas terhadap kinerja bank); (3) perspektif proses bisnis internal adalah baik (inovasi strategi mengalami peningkatan danproses operasi pembiayaan mengalami percepatan); dan (4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah buruk (tingkat produktivitas karyawan meningkat dan karyawan merasa puas bekerja di bank, akan tetapi retensi karyawan mengalami peningkatan). Kata Kunci: Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif nasabah, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, pengukuran kinerja. %Z Pembimbing: Dr. H. M. FAKHRI HUSEIN, SE, M.Si