eprintid: 11051 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/10/51 datestamp: 2014-03-19 01:51:48 lastmod: 2016-03-07 02:29:06 status_changed: 2014-03-19 01:51:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUSANTI, NIM. 09680008 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan, Media Tiga Dimensi. note: Pembimbing : Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kelas VIII di SMP N 1 Ngawen, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap peggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelas VIII di SMP N 1 Ngawen. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimen), dengan desain penelitian Pretest and postest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan uji Anova satu jalur, hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann-Whitney U, dan tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji anava satu jalur dengan nilai signifikansi p < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek afektif. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney U dengan nilai signifikansi p < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek psikomotor. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney U dengan nilai signifikansi p < 0,05. 4) Siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan persentase 66,67 %. date: 2014-01-22 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINTEK thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUSANTI, NIM. 09680008 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11051/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11051/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf