%A NIM. 09410175 RISMAN MUNAWAR %O Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI GODEAN %X RISMAN MUNAWAR. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri Godean. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini bahwa dalam dunia pendidkan saat ini dianggap masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat dari berbagai permasalahan yang menyangkut berbagai bidang pendidikan yang multidimensional. Salah satu permasalahan tersebut ditimbulkan dari lemahnya pendidikan karakter. Untuk itu, pendidikan serta pembelajaran saat ini tidak hanya terfokus pada pengembangan kognisi saja, tetapi juga dibarengi dengan pengembangan potensi dan kreativitas. Pendidikan karakter harus diupayakan seoptimal mungkin agar dapat memunculkan semangat berprestasi anak bangsa baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Karena pada saat ini lembaga pendidikanlah yang menjadi pintu terdepan dalam pembinaan pendidikan karakter yang memadai, maka dari lembaga pendidikan inilah lahir generasi muda masa depan bangsa yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam berbagai bidang sesuai keahlian mereka Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penyusunan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun subyek dalam penelitiann ini adalah guru Akidah Akhlak, kepala madrasah, waka kurikulum, serta peserta didik MTs Negeri Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Implementasi pendidikan karakter di MTs Negeri Godean sudah berlangsung sejak dirumuskannya visi lembaga yang membentuk karakter Islami kepada peserta didiknya. Nilai-nilai yang dikembangkan antara lain: kedisiplinan, kebersihan dan kesehatan, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran, pelaksanaan ibadah dan ritual agama, dan kerja sosial. Adapun kegiatannya berupa: (a) kegiatan rutin, (b) kegiatan ektrakurikuler. (2) Hasil nilai- nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di MTs Negeri Godean secara umum berjalan cukup baik. (3) Faktor penghambat adalah jumlah jam pelajaran PAI khusunya Akidah Akhlak yang kurang dari dua jam pelajaran saja dalam satu minggu, serta terbatasnya guru untuk mengawasi setiap peserta didik sehingga dibutuhkan dukungan dari lembaga, orang tua/ wali, dan masyarakat. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11062