%A  NIM. 09410108 SEPTI NURFADILAH
%O Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M..Si.
%T POTRET PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ANAK USIA SEKOLAH ASAL DUSUN JAYA BAKTI
DI DAERAH TRANSMIGRASI

%X SEPTI NURFADILAH. Skripsi. Potret Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam
Anak Usia Sekolah Asal Dusun Jaya Bakti di Daerah Transmigrasi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan
Pendidikan Agama Islam anak usia sekolah asal Dusun Jaya Bakti, bagaimana perilaku
dan pengamalan keagamaan anak usia sekolah asal Dusun Jaya Bakti dalam kehidupan
sehari-hari, serta faktor yang mendukung dan menghambat Pendidikan Agama Islam
anak usia sekolah asal Dusun Jaya Bakti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Dusun
Jaya Bakti. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi
dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang
berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data
dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanan Pendidikan Agama Islam di lingkungan
keluarga umumnya orangtua hanya melanjutkan apa yang telah diajarkan di sekolah
dan TPA. Di lingkungan sekolah yaitu SD Negeri 1 Dendang Belitung Timur
dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas. Untuk pembelajaran di dalam kelas guru
Pendidikan Agama Islam mempunyai peran dalam memberikan materi pembelajaran.
Sedangkan untuk pembelajaran di luar kelas, dilakukan dengan cara pembiasaan dan
keteladanan. Sedangkan untuk pelaksanaan di lingkungan masyarakat, masyarakat
mempercayakan pada TPA dan orang yang suka rela mengajar membaca Al-Qur’an. 2)
Untuk perilaku sehari-hari, anak usia sekolah asal Dusun Jaya Bakti sudah cukup baik,
baik di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Hanya beberapa anak saja yang masih berprilaku kurang baik, seperti kurang hormat
terhadap orangtua, kurang menghargai orang yang sedang beribadah, dan kurang
peduli dengan lingkungan sekitarnya. Sedangkan untuk pengamalan keagamaan
terutama shalat masih sangat kurang, baik di lingkungan keluarga, di lingkungan
sekolah dan lingkungan masyarakat. 3) Faktor pendukung Pendidikan Agama Islam
anak usia sekolah asal Dusun Jaya Bakti diantaranya; dengan adanya sumber belajar
yang sudah disediakan oleh sekolahan serta dengan didirikannya TK-TPA Nurul Huda
Dusun Jaya Bakti dan adanya orang-orang yang suka rela meluangkan waktu untuk
mengajar mengaji anak-anak. Faktor penghambat diantaranya; kurangnya minat anak
terhadap materi pembelajaran hafalan, minimnya pengetahuan agama sebagian
orangtua, kurangnya perhatian dan keteladanan yang diberikan orangtua terhadap anak,
serta kondisi anak yang sering berubah-ubah.

%D 2014
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib11063