eprintid: 11064 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/10/64 datestamp: 2014-03-19 04:27:14 lastmod: 2017-02-28 08:58:09 status_changed: 2014-03-19 04:27:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEPTI WULANDARI, NIM. 09480026 title: HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa note: Pembimbing : Drs. Ichsan M. Pd. abstract: Septi Wulandari, 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester I TahunPelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Orang tua berperan serta dalam memberi pengajaran kepada anaknya, karena proses pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah. Juga karena tanggung jawab dalam bidang pendidikan anak tidak seluruhnya menjadi tangggung jawab guru saat berada dalam lingkungan sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab orang tua terutama saat berada dalam lingkungan keluarga. Sosok seorang ibu lebih berpengaruh dalam hasil pendidikan anak karena ibu sebagai pengelola rumah tangga berpotensi meluangkan waktu lebih optimal dari pada ayah yang lebih banyak meluangkan waktunya untuk bekerja. Juga ibu adalah lingkungan pertama tempat anak bersosialisasi. Sehingga potensi tingkat eratnya hubungan ibu dengan anak lebih besar dari ayah, dari hubungan batin ataupun sosial yang berperan dalam seluruh aktivitas yang dilaksanakan anak. Setiap orang membutuhkan ilmu sebagai bekal aktivitasnya, yang diantaranya diperoleh di bidang pendidikan. Sehingga, semakin tinggi pendidikan ibusebagai orang tua akan lebih tinggi pula prestasi belajar anaknya hal itu diwujudkan melalui eratnya hubungan anakdengan ibu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta, (2) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta, (3) Bagaimana hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif, dan korelasi product moment melalui pengolahan data spss 2000 tipe 15 terhadap populasi seluruh siswakelas V A semester I tahun ajaran 2012/ 2013. Pengumpulan data tingkat pendidikan ibu sebagai orang tua siswa menggunakan metode angket, dan data prestasi belajar siswa berupa nilai raport selama 1 semester menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, rata- rata nilai prestasi belajar yang di peroleh siswa V A (77.15) berada pada kualifikasi sedang. Tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V A sebagian besar (53.84%) adalah SMA/ Sederajat. Hasil yang diperoleh dari korelasi product moment sebesar 0.395 atau 39.5%, dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0.05 berarti ada hubungan yang positif antara tingkat pendidikan ibu terhadap prestasi belajar siswa. date: 2014-02-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SEPTI WULANDARI, NIM. 09480026 (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11064/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11064/1/BAB%20II%2C%20III.pdf