%0 Thesis %9 Skripsi %A SETIA WIDANTI , NIM. 10410056 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:11065 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGARUH SOSIALISASI KEBERAGAMAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013-2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11065/ %X SETIA WIDANTI. Pengaruh Sosialisasi Keberagamaan Di Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah idealnya sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga yang baik akan membuat motivasi belajar Pendidikan Agama Islam juga baik, namun pada kenyataanya ada siswa yang berasal dari keluarga yang memiliki sosialisasi keberagamaan baik, tetapi tidak memiliki motivasi yang baik terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam dan sebaliknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga dan motivasi belajar PAI Siswa kelas VIII SMP N 1 Piyungan, dan adakah pengaruh dari keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar PAI pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Piyungan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, dan analisis korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan dengan 50 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan Tahun ajaran 2013-2014 memiliki kategori positif atau baik. Begitu juga dengan motivasi belajar PAI pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2013-2014 memiliki kategori positif atau baik. Setelah hasil keduanya menunjukkan kategori positif atau baik, maka hasil korelasi sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar PAI pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan setelah dihitung menggunakan analisis korelasi Product Moment diperoleh (rxy) sebesar 0,631. Kemudian dibandingkan dengan rtabel dengan taraf signifikansi 5%. Diketahui df = 50 – 2 = 48, sehingga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,273. Sehingga dapat diketahui perbandingannya: rxy = 0,631 > rtabel (5%) = 0,273 Besarnya signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Adanya pengaruh positif dari sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan diterima dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini mengandung arti bahwa tinggi rendahnya sosialisasi keberagamaan di lingkungan keluarga berhubungan dan mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Piyungan. %Z Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA.